Perkembangan Teknologi Di Indonesia

download

Hidup di zaman globalisaasi atau juga modernisasi seperti saat ini tentu semua masyarakat sangat bergantung dan sangat membutuhkan yang namanya teknologi. Semua orang menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Karena bergantung pada teknologi sehingga teknogi merupakan suatu kebutuhan dasar bagi masnyarakat. Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Teknologi sangat membantu masyarakat jika dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia, contohnya adalah penggunaan traktor mesin yang lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan bajak yang ditarik oleh seekor kerbau.

Perkembangan teknologi sendiri menjadi dasar untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara, kemajuan negara juga dilihat dri seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasi oleh negara tersebut.

Berdasarkan data United Nation for Development Program (UNDP) pada tahun 2013, indeks pencapaian teknologi Indonesia berada pada urutan ke-60 dari 72 negara. Ukurannya berdasarkan kepada penciptaan teknologi yang dilihat dari perolehan hak paten dan royalti atas karya dan penemuan teknologi, difusi inovasi teknologi mutakhir yng diukur dari jumlah pengguna internet dan besaran sumbangan ekspor teknologi terhadap barang ekspor, difusi inovasi teknologi lama yang dilihat dari jumlah pengguna telepon dan pemakai listrik, tingkat pendidikan penduduk berdasarkan rata-rata lama sekolah penduduk usia 15 tahun ke atas, dan angka partisipasi kasr penduduk yang menempuh pendidikan tinggi di bidang iptek.(1)

Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi dan penemuan yang sederhana hingga sangat rumit. Akan tetapi, kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang sektor produksi di Indonesia bisa dibilang masih rendah masih rendah. Hal ini dapat terlihat dari kurangnya efisiensi, rendahnya produktivitas, dan minimnya kandungan teknologi dalam barang ekspor.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi di Indonesia masih sangat rendah bahkan bisa dibilang tertinggal jika dibandingkan negara-negara lain. Hendaknya, kita terus meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan negara kita agar kita tidak tertinggal oleh negara-negara maju.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/vanessams/perkembangan-teknologi-di-indonesia_55547634b67e615e14ba545b (1)

Leave a comment